Jurusan Kehutanan Adakan Kuliah Umum tentang Pemuliaan Pohon dan Bio Energi

Secara umum penjaminan mutu pendidikan tinggi adalah proses mentransfer ilmu pengetahuan melalui tenaga ahli yang sesuai dengan bidangnya. Salah satunya adalah dibidang Ilmu Lingkungan dan Kehutanan yang mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) yang merupakan seperangkat tujuan universial, target dan indikator yang disepakati ditingkat global. SDGs diharapkan dapat menanggulangi berbagai masalah global, salah satunya mengelola hutan secara berkelanjutan, sehingga penetapan dan pemenuhan standar mutu sesuai dengan kopetensi yang ditetapkan/dijanjikan dapat dipertahankan secara konsisten dan ditingkatkan secara berkelanjutan.

Perguruan tinggi dikatakan bermutu bila mampu menetapkan dan mewujudkan visinya melalui pelaksanaan misinya, serta mampu memenuhi kebutuhan stakeholder yaitu kebutuhan masyarakat, dunia kerja dan profesional. sehingga perguruan tinggi harus mampu merencanakan, menjalankan dan mengendalikan suatu proses yang menjamin pencapaian mutu. Untuk mewujudkan hal tersebut Ir. Rosdiana, MP. mengatakan diperlukan syarat-syarat normatif yang diwajibkan dan harus dipenuhi oleh setiap perguruan tinggi.

Tujuan dari kegiatan kuliah umum ini adalah untuk meningkatkan kemampuan akademik mahasiswa, mempererat hubungan mahasiswa antar jurusan di Lingkungan Fakultas Pertanian UPR. Dr. Ir. Sosilawaty, MP. sebagai Dekan Fakultas Pertanian UPR mengatakan bahwa dari kegiatan ini diharapkan kedepannya dapat memperoleh peningkatan dan membuka wawasan mahasiswa dalam pemuliaan pohon dan bioenergi.

Kuliah umum ini dilaksanakan pada Kamis, 28 Nopember 2019 di Aula Palangka Raya dengan Narasumber Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, MP. dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.