UPR-BPDASHL Kahayan LAKUKAN GERAKAN TANAM BIBIT

Dekan Fakultas Pertanian UPR Dr Ir. Sosilawaty, MP. (tiga dari kanan) bersama Kepala BPDASHL Kahayan Ir. Supriyanto Sukmo Sejati, M.Si. (empat dari kanan) Saat Foto bersama sebelum melaksanakan penanaman bersama dosen dan mahasiswa Faperta UPR.(Sabtu, 26 September 2020)

Kegiatan penanaman atau penyulamanan bibit di area hutan serba guna (HS) Universitas Palangka Raya dilakukan oleh mahasiswa baru Jurusan Kehutanan dan juga SMK Negeri 2 Mantangai Kabupaten Kapuas Ujar Dr. Ir. Sosilawaty, MP. selaku Dekan Fakultas Pertanian UPR.

Hutan serba guna ini ditanam sejak tahun 2018 dan sampai saat ini perkembangannya cukup bagus, bahkan untuk tanaman buah seperti jeruk sudah beberapa kali panen. bisa dibayangkan kalau sudah 10 tahun kedepan tentunya akan sangat menarik sebagai tempat wisata buah.

“Semoga gerakan menanam ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, kedepan diharapkan semua bibit akan tumbuh dengan subur”, tambahnya.

Sementara kepala BPDASHL Kahayan Ir. Supriyono Sukmo Sejati, M.Si. mengatakan bahwa penanaman bibit ini merupakan kerjasama antara UPR dan BP-DASHL Kahayan yang sudah terbangun dan ditandatangani oleh Rektor UPR dan Dirjen. Untuk Jenis Tanaman yang ditanam kebanyakan tanaman endemik buah-buahan dari Kalimantan Tengah.

“Tujuan dari pembuatan Hutan Serbaguna (HS) ini adalah untuk digunakan sebagai wadah praktek oleh mahasiswa nantinya, baik dari segi penanaman, penyulaman, pemupukan dan lainnya” ujar Sukmo selaku Kepala BPDASHL.

“saya harapkan kerjasama antara UPR dan BPDASHL Kahayan teta terus berjalan sampai HS ini betul-betul menghasilkan dan kami siap membantu penyiapan bibit jika memang diperlukan” pungkasnya.