Prodi Agribisnis Adakan Kuliah Umum tentang aplikasi NVIVO versi 12

Salah satu cara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa adalah dengan melalui Pendidikan, Program Studi Agribisnis Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian berusaha mengikuti perkembangan pertumbuhan yang sangat cepat ini hingga dalam hitungan waktu sejalan dengan pesat IPTEK dan membentuk SDM yang berdaya saing menghadapi era industri 4.0.

Perkembangan IPTEK tersebut tentunya diikuti pula oleh dunia Riset dan Industri yang sangat membutuhkan keberadaan SDM yang memiliki kemampuan dalam manajemen dan analisis riset kualitatif dengan menggunakan alat aplikasi NVIVO versi 12, serta SDM yang mampu membaca peluang dan menghadapi tantangan dalam perkembangan dan strategi pemasaran produk olehan komoditas pertanian di Provinsi Kalimantan Tengah.

Untuk mendukung hal tersebut diatas maka Program Studi Agribisnis Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian UPR mengadakan Kuliah Umum untuk mendukung dan meningkatkan kemampuan dan mempersiapkan Mahasiswa sebagai calon Wirausahawan di Masyarakat dalam menghadapi Persaingan Revolusi Industri 4.0.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam riset kualitatif menggunakan Aplikasi NVIVO versi 12 dan pengembangan dan strategi pemasaran produk olahan komoditas pertanian di Provinsi Kalimantan Tengah. Selain itu kegiatan ini juga untuk menciptakan dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada mahasiswa sebagai calon Wirausahawan.

Ir. Pordamantra, M.Eng. sebagai Ketua Panitia mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari tugas untuk menciptakan Calon Wirausahawan dari mahasiswa di lingkungan Fakultas Pertanian UPR dalam menghadapi Persaingan di Era Industri R.4.0. Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 25 November 2019 di Gedung Kuliah L-3 dan L-4 Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Andrie Kisroh Sunyigono, Ph.D. dari Universitas Trunojoyo Madura dan Ferry Yulianus, SE, M.Si dari Koordinator PLUT-KUMKM Provinsi Kalimantan Tengah. Dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat terbentuk jiwa kewirausahaan dan siap bersaing dalam dunia usaha di era industri R.4.0. dan sebagai outcomenya seluruh peserta kuliah umum ini adalah dapat memperoleh ilmi pengetahuan dan teknologi dalam riset kualitatif menggunakan aplikasi NVIVO versi 12 dan menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan pada mahasiswa Prodi Agribisnis Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian UPR.