Faperta UPR Laksanakan Seminar Internasional Hasil Pertukaran Pelajar UPR-OSAKA

Fakultas Pertanian UPR dan Osaka University Japan melaksanakan seminar hasil kegiatan Pertukaran Pelajar / Mahasiswa yang dilaksanakan pada bulan maret 2024 yang lalu. Dari kegiatan Pertukaran Pelajar / Mahasiswa tersebut banyak yang dilakukan oleh peserta dari Indonesia di Jepang. Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2024 dari Jam 08.00 – 10.30 WIB melalui Zoom Meeting dengan Dosen dan Mahasiswa Osaka Jepang juga bersama Dosen dan Mahasiswa Fakultas Pertanian dan FMIPA UPR.

Peserta yang mengikuti kegiatan pertukaran pelajar / mahasiswa ini terdiri dari 2 orang dari Fakultas Pertanian yaitu Daniel A Sirait dari Program Studi Budidaya Perairan dan Titin Kristiani dari Jurusan Kehutanan serta 1 orang dari Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yaitu Zulviana dari Prgram Studi Biologi.

Para peserta dalam melaksanakan tugasnya banyak belajar mengenai lingkungan dan konsep-konsep ilmu yang baru yang dapat dikembangkan atau ditularkan kepada rekan-rekan mahasiswa lainnya. Project-project yang mereka lakukan diantaranya adalah pengetahuan mengenai Project Biotope yaitu suatu wilayah yang dibuat atau dikondisikan menjadi seragam yang merupakan rekayasa ekosistem untuk menciptakan suatu keanekaragaman buatan. Selain itu project lainnya adalah Eksploari kebun Tanaman Herbal Kota Uda. Terdapat kurang lebih 250 Jenis tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan dan dibudidayakan dan tumbuh sepanjang tahun pada empat musim disana. Kemudian project berikutnya adalah pembudidayaan Lebah Madi di Area Perkotaan dengan membuat map atau pemetaan budidaya lebah sesuai sumber nektar hasil budidaya sehingga lingkungan yang ada disekitar kita termanfaatkan dengan baik, terciptanya hubungan manusia dan lingkungan serta pemanfaatan lingkungan untuk menunjang ekonomi.

Dan yang paling penting pada kesempatan ini adalah informasi-informasi studi lanjut di Jepang dengan menfaatakan Beasiswa yang ada baik dari Pemerintah Indonesia maupun Pemerintah Jepang dengan berbagai Syarat yang simpel dan mudah, serta bagi pengusul beasiswa jangan mudah untuk menyerah dalam pengajuan beasiswa.